Sabtu, 26 April 2014

APLIKASI SEDERHANA (CAFE)

Aplikasi (DARTIN'S CAFE)


Assalamu'alaykum Wr. Wb.

      Sesuai dengan tujuan dari Blog gue ini yang mana memberikan manfaat bagi yang ingin memanfaatkannya. Kali ini gue akan berbagi kepada para Silent Reader tentang project kuliah gue dalam membuat Aplikasi dari Visual Basic 6.0, dan kali ini w bakalan ngasih contoh program sederhana cafe yang mana gue n kelompok gue buat untuk memenuhi tugas Kelompok Program Visual.

Menu Awal
            Langsung ajah deh ni gue kasih liat Contoh
tampilan programnya. Gambar ini merupakan tampilan awal ketika program di Running, sengaja gue buat seample karna pembuatannya Dikejar tayang jd gue gak buat ribet, bisa aja sih kalo gue mau, gue bisa pake login dan tek-tek bengeknya, tp berhubung kepepet, jadi seadanya baelah.

         Penjelasan Program : pada tampilan Awal hanya ada 3 Command Button yaitu (Foods, Drinks, dan Transaksi. dan juga ada tanggal dan Jam Digital yang menyesuaikan PC / Laptop User.

   
             Ketika mengclick FOODS maka tampilannya akan seperti ini, form ini berfungsi untuk melihat menu makanan yang ada, dan juga form ini bisa digunakan untuk menginput menu makanan baru, atau meng update (nama/harga) menu yang ada, jika tombol "Lihat Menu" diclick maka tampilannya adalah seperti gambar disamping, dan jika ingin kembali tinggal di click tombol "@", dan akan kembali ke form menu makanan, jika ingin kembali ke menu awal maka kita tinggal click icon Rumah/home.

             Dan untuk tombol DRINKS gue gak usah ngejelasin lagi dah, soalna gak jauh beda ama FOODS. gue langsung jelasin fungsi transaksi aja dah, OK?. Pasti OK lah.

             Inilah tampilannya, cara kerjanya adalah : untuk memulai transaksi baru, maka clicklah tombol "+" maka No. Transaksi akan muncul otomatis, selanjutnya tinggal pilih makanan dan minuman yang ingin dipesan, maka ketika selesai memilih harga makanan atau minuman akan muncul otomatis, setelah itu kita masukkan jumlah pesanannya setelah itu tekan enter / click "Tambah" maka pesanan akan muncul pada daftar pesanan tersebut dan total bayar akan muncul otomatis, jika ingin pesan lagi maka tinggal pilih kembali makanan/minuman yg ingin dipesan dan lakukan proses yang sama seperti sebelumnya, jika pesanan sudah maka isilah uang bayar sesuai total bayar / lebih dari total bayar, ketika di enter maka kembalian akan muncul setelah itu click tombol "Cetak" (menyimpan data transaksi ke database. jika ingin kembali ke menu awal maka click tombol "Home".

          Itulah tadi penjelasan dari aplikasi sederhana yang udah gue buat, nahhhh bagi yang penasaran ingin memiliki dan mempelajarinya gue bakalan ngasih LINK untuk mendownload Aplikasi ini, lengkap dengan source codenya, bisa kalian edit lg sesuai keinginan lagi, bahkan bisa dikembangkan lagi, dan kalo udah dikembangkan dr sistem yang gue kasih ini, maka kalian bisa mengirimkan karya kalian ke email gue....

Langsung ajah dah nih link untuk Downloadnya : 

Bagi yang bingung atau gak running programnya, monggo ditanya ajah !!!

Semoga Bermanfaat dah !!!

Wallahu A'lam Bish-Shawab.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih bagi para SILENT READERS yang telah berkunjung dan membaca Artikel ini, jika Kalian bersedia bisa di komentari Artikel ini.

SALAM, Silent Readers